headline photo

Artikel

Selasa, 13 November 2012


25

Mengembalikan File yang terhapus pada Flash Memory


Flash memory atau lebih dikenal dengan flash disk digunakan untuk menyimpan data dan memindahkan data antara sartu komputer ke yang lain. Flash memory ini dapat digunakan pada semua komputer yang memiliki port USB. Seperti media penyimpan yang lain, mungkin saja file yang ada di dalamnya terhapus secara tidak sengaja. Walaupun hal itu terlihat mengerikan saat itu, namun masih memungkinkan untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut ke tempatnya semula. Kita akan mencoba menggunakan sebuah software gratis yang dapat kita download dari internet. Berikut langkah-langkahnya.

1. Klik situs RecoverMy Files atau klik langsung di sini untuk mendownload software tersebut.
2. Download dan install software dengan klik pada tombol "Download" pada halaman situs tersebut kemudian diikuti "Download Now."
3. Masukkan flash memory yang datanya terhapus ke dalam port USB pada komputer dan tunggu hingga flash memory terdeteksi oleh komputer.
4. Jalankan program yang baru diinstall dengan klik ganda icon pada desktop.
5. Pada tabulasi "Folder" yang terletak di sebelah kiri layar pilih USB flash drive. Langkah ini memerintahkan program hanya untuk melakukan scan terhadap flash memory.
6. Klik tombol "Start" dan program akan mulai melakukan scan terhadap file dalam USB flash drive yang telah terhapus. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung banyaknya jumlah file yang terhapus dalam flash drive tersebut.
7. Perhatikan hasil yang ditampilkan oleh program tersebut dan carilah file yang ingin anda recover. Setelah file yang anda inginkan ketemu beri tanda centang di sebelah nama file tersebut kemudian klik "Start Recovery" maka file yang tadinya telah terhapus akan kembali lagi ke tempatnya semula dalam flash memory anda.

Program file recovery di atas adalah salah satu program gratis dari banyak program serupa yang ada di internet. Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar