headline photo

Tips Menentukan Template Blog Yang SEO Friendly

Rabu, 08 Mei 2013

HACKTIVIS NKRI
Tips belajar cara menentukan template blog seo friendly


Dulu pada saat pertama kali belajar membuat blog, saya tidak begitu memikirkan arti pentingnya sebuah template terhadap blog saya. Pertimbangan saya pada saat memilih template hanya sebatas pada seberapa besar desain template tersebut mampu menarik perhatian saya. Mana yang menurut saya menarik, template itulah yang saya pilih. Mungkin hal ini juga masih sering terjadi pada blogger pemula. Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi informasi bahwa sebenarnya memilih template merupakan salah satu faktor penting agar blog anda memperoleh peringkat yang baik dimata search engine. Tentu peringkat yang baik dalam search engine dapat mendongkrak bisnis online anda. Jadi dapat dikatakan template anda harus dapat memenuhi dua kebutuhan berikut : menarik dimata pengunjung anda dan juga menarik dimata search engine.

Tips Menentukan Template Blog Yang SEO Friendly, pilih ...

Template yang ringan. Salah satu tanda dari template yang ringan yaitu memiliki waktu loading yang singkat. Jika waktu loadingnya singkat, tentu pengunjung akan senang karena mereka tidak perlu berlama-lama menunggu untuk dapat menikmati artikel anda. Selain itu template yang ringan akan membantu mempercepat search engine untuk mengindeks konten dalam blog anda. Perhatikan pula widget, javascript, dan gambar dalam blog. Blog akan semakin berat jika banyak widget, javascript, maupun gambar yang terpasang. Anda dapat menggunakan Page Speed untuk mengetest kecepatan loading halaman blog anda. Cukup masukan url halaman web yang ingin ditest dan tekan tombol "ANALYZE". Sebisa mungkin dapatkan nilai diatas 80. Semakin singkat waktu loading blog anda, maka semakin tinggi nilai yang dapat anda peroleh.

Template yang valid html dan valid CSS. Sebaiknya hindari menggunakan template blog yang terlalu banyak memiliki error html dan CSS. Terlalu banyak error dapat menyebabkan proses indeks search engine menjadi terhambat. Gunakan template blog yang memiliki error html dan error css seminimal mungkin. Untuk mengecek validasi HTML, XHTML, SMIL, MathML, dll anda dapat menggunakan W3C Markup Validation Service sedangkan untuk mengecek validasi CSS anda dapat menggunakan W3C CSS Validation Service. Caranya cukup mudah, yaitu hanya masukan url blog anda ke kotak Address lalu tekan tombol "Check".

Template yang memiliki dynamic meta tag. Meta tag meliputi meta description, meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dll. Anda dapat menyisipkan meta tag secara manual (hack SEO). Menggunakan dan mengoptimalkan meta tag secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog anda di search engine

Template yang memiliki struktur heading rapi. Pilihlah template yang memiliki struktur heading tag yang rapi dan terurut mulai dari H1, H2, H3, dan H4. Tetapi perlu diperhatikan juga penggunaan dan penempatan headingnya, misalnya heading H1 dapat anda pakai untuk judul atau nama blog, H2 untuk judul posting, H3 untuk judul widget, dan H4 dapat digunakan untuk related post.

Template yang memiliki navigasi yang baik. Navigasi yang baik akan membuat pengunjung blog anda lebih mudah dan lebih cepat dalam menemukan informasi yang mereka cari. Nagivasi yang baik juga memudahkan pengunjung dalam berpindah halaman. Hal ini akan membuat pengunjung merasa nyaman dalam menelusuri blog/website anda. Anda juga dapat membuat halaman sitemap (peta situs) yang berfungsi sebagai alat navigasi bagi pengunjung untuk melihat seluruh artikel blog/website anda dalam satu halaman khusus. Selain itu, sitemap dipercaya dapat membantu mempercepat terindeksnya artikel yang baru anda posting.

Oya, sebisa mungkin pilih juga template yang memiliki link keluar yang jumlahnya tidak berlebihan. Biasanya pada template gratisan terdapat link keluar ke situs pendesain template tersebut. Tidak perlu dihilangkan, karena itu merupakan bentuk penghargaan kepada mereka, namun tentunya kita juga harus selektif dalam memilih template. Perlu diketahui bahwa perbandingan antara link yang keluar dan masuk ke web/blog kita berpengaruh terhadap penilaian search engine terhadap blog anda.

Berdasarkan pengalaman saya, itulah dasar-dasar yang menjadi pertimbangan dalam memilih template yang SEO friendly. Mungkin masih ada banyak cara yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan memilih template yang SEO friendly, namun saya kira beberapa poin di atas sudah cukup dijadikan dasar penentu template yang SEO friendly untuk semakin memperkuat SEO blog anda. Sedikit demi sedikit mulailah untuk meningkatkan SEO di web/blog anda. Ingat fondasi yang kokoh merupakan tolok ukur dan cikal bakal bangunan yang kokoh bukan?
Description: Tips Memilih Template Blog SEO Friendly Rating: 4.5 Reviewer: EgaMagzItemReviewed: Tips Memilih Template Blog SEO Friendly

0 komentar:

Poskan Komentar